Did You Know? Grapes explode when you put them in the microwave.

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Dalam pengelolaan organisasi saat ini menuntut adanya perubahan-perubahan dalam organisasi dari organisasi tradisional menjadi organisasi modern. Perubahan manajemen dalam suatu organisasi akan terjadi dengan baik apabila lingkungan organisasi mendukung sepenuhnya baik dari tingkat atas maupun tingkat bawah. Dalam menghadapi perubahan tentunya sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang memberikan andil untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Perilaku individu dalam suatu organisasi akan memiliki hubungan erat dengan kondisi lingkungannya.

Adanya kepentingan individu menjadi dasar bagi seseorang untuk melakukan suatu tindakan, selain itu didukung pula oleh rangsangan internal dan eksternal individu itu sendiri. Rangsangan eksternal bisa berasal dari pimpinan mereka, karena seorang manajer memiliki kemampuan untuk memotivasi bawahannya. Seperti dikemukakan Abi Sujak (1990:249), kemampuan untuk memotivasi bawahan merupakan keterampilan manajerial yang perlu dikuasai oleh setiap manajer/pimpinan organisasi. Sebagai manajer mempunyai tanggung jawab untuk membantu bawahannya melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.

Jika dilihat dari kepentingan individu, rangsangan yang ada dapat berupa kebutuhan material dan non material, untuk keseimbangan kedua kebutuhan tersebut hendaknya harus diatur melalui kesadaran pribadi yang tinggi agar dalam bertindak tidak menyimpang dari etika dan moral. Pada umumnya dan yang pertama individu akan terangsang oleh kebutuhan ekonomi yaitu pangan, sandang, papan dan yang lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan fisik. Kebutuhan non material tidak kalah pentingnya misalnya ketenangan kerja, keselamatan kerja, pengakuan diri dan kebutuhan rohani, semuanya ini merupakan unsur yang saling tekait di dalam penciptaan iklim kerja yang kondusif.

Mengingat berbagai lapisan sumber daya manusia yang ada di dalam organisasi, maka semua pihak baik pimpinan maupun anggota organisasi mempunyai kepentingan dalam usaha untuk menciptakan kinerja yang maksimal. Kemampuan seseorang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas dengan baik, namun kemampuan tersebut akan dapat terealisasi apabila dilandasi adanya motivasi yang kuat dari dalam dirinya, karena bagaimanapun tingginya kemampuan apabila tidak dilandasi dengan motivasi yang tinggi tidak mungkin kemampuan yang potensial tersebut dapat dirasakan manfaatnya.

Dalam menjalankan organisasi atau perusahaan merupakan pekerjaan team bukan individual oleh karena itu faktor kepemimpinan menjadi salah satu kunci sukses suatu kelompok kerja. Harapan yang ada adalah bahwa dengan berbagai macam kepribadian yang dimiliki oleh seorang pemimpin harus dapat memberikan dorongan bagi anggotanya atau orang lain yang ada disekitarnya.

Keterangan: Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap judul diatas dalam format Msword hubungi ke nomor:

HP. 0819 0405 1059/ 0812 2701 6999/ 0888 9119 100 atau Telp.0274-9553376. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme. Jika belum jelas, jangan ragu telepon kami :)

Dalam penelitian ini penulis ingin membuktikan secara empiris atau dapat diterima dengan logika, bahwa gaya kepemimpinan seseorang dan lingkungan atau iklim kerja mempunyai kaitan atau hubungan dengan motivasi seseorang dalam melakukan aktivitasnya di mana saja khususnya dalam menjalankan perintah dari pimpinannya.

B.  Perumusan Masalah

Seringkali yang menjadi pokok permasalahan dalam merealisasikan prestasi kerja dalam suatu perusahaan adalah motivasi untuk mencapai target perusahaan. Perlu disadari bahwa motivasi tidak akan meningkat apabila perusahaan tidak menyadari faktor-faktor non materiil yang dibutuhkan oleh pekerja, antara lain gaya kepemimpinan dan iklim kerja.

Dari uraian tersebut, penulis membuat perumusan masalah pokok sebagai berikut:

  1. Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel gaya kepemimpinan dengan motivasi kerja karyawan?
  2. Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel iklim kerja dengan motivasi kerja karyawan?
  3. Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel gaya kepemimpinan dan iklim kerja secara bersama-sama terhadap motivasi kerja?

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Judul terkait:

Layanan Referensi & Konsultan Skripsi Tesis & Disertasi   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 9553376