Did You Know? The oldest known goldfish lived to 41 years of age. Its name was Fred.
RSS Feeds:
Posts
Comments

BAB I

PENDAHULUAN 

A.   Latar Belakang Masalah

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha di bidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain. Selain itu tergantung pula pada kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar usaha perusahaan dapat berjalan lancar.

Dalam hal ini yang dimaksud dengan pemasaran adalah :Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun kepada pembeli yang potensial.[1]  Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok pembeli.Perusahaan harus memadukan keputusan-keputusan pemasarannya dengan fungsi pemasaran yang lain. Biasanya bagian pemasaran mengkoordinasikan tugas-tugas pada bagian dalam perusahaan secara informal. Hal ini menyebabkan semakin pentingnya bagian pemasaran bagi perusahaan.

Sebelum mengadakan pengembangan barang baru, riset pemasaran perlu dilakukan lebih dahulu. Juga mengenai dana yang harus disediakan dalam operasinya.PT. Sang Hyang Seri merupakan salah satu dari institusi industri pertanian yang semula berbentuk perusahaan umum yang bersertifikat pada tahun 1971, disempurnakan melalui PP No. 44 tanggal 28 November 1985. Pada tahun 1995 pemerintah mengubah perusahaan umum menjadi PT Sang Hyang Seri (Persero). PT Sang Hyang Seri bergerak di bidang usaha pengadaan dan penyebaran benih padi unggul.

Dalam memproduksi benih padi unggul dilakukan di bawah pengawasan seorang pemulia tanaman (breeder). Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan dan penyebaran benih padi unggul, PT Sang Hyang Seri memiliki sebuah strategi pemasaran yaitu berusaha memuaskan konsumen dari segi keunggulan produk, harga produk, maupun pendistribusian produk kepada konsumen. Di bidang keunggulan produk, PT Sang Hyang Seri telah memproduksi benih-benih yang telah teruji keunggulannya, baik terhadap hama dan penyakit, maupun terhadap perubahan cuaca.

Di bidang harga produk, PT Sang Hyang Seri telah menetapkan harga produk yang sesuai dengan kualitas produk. Di bidang pendistribusian, PT Sang Hyang Seri telah memiliki distributor tetap dan juga kemungkinan pembelian langsung kepada perusahaan dengan syarat harus memenuhi jumlah pembelian tertentu. Keberhasilan strategi pemasaran yang diterapkan PT Sang Hyang Seri tercermin dalam volume penjualan yang berhasil direalisasikan perusahaan. Jika strategi pemasarannya berhasil, maka volume penjualan PT Sang Hyang Seri akan meningkat. Sebaliknya jika strategi pemasarannya tidak berhasil, maka volume penjualan PT Sang Hyang Seri tidak akan meningkat atau bahkan menurun.Berkaitan dengan uraian di atas, maka menarik untuk dilakukan penelitian berjudul Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Benih Padi Unggul pada PT Sang Hyang Seri (Persero) Kulonprogo. 

B.   Pokok Masalah

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran benih padi unggul pada PT Sang Hyang Seri (Persero) Kulonprogo dan volume penjualan yang berhasil direalisasikan.  C.   Batasan MasalahUntuk mendapatkan hasil penelitian yang baik, diberikan batasan masalah sebagai berikut :

  1. Penelitian khusus dilakukan pada elemen produk dan harga dari bauran pemasaran.

  2. Yang dimaksud strategi pemasaran dalam penelitian ini adalah strategi PT Sang Hyang Seri dalam memasarkan produknya, yaitu dalam bidang Produk : memproduksi benih-ben.ih yang telah teruji keunggulannya, di bidang Harga, PT Sang Hyang Seri telah menetapkan harga produk bervariasi sesuai kualitas produk.

  3. Yang dimaksud dengan volume penjualan dalam penelitian ini adalah jumlah penjualan yang berhasil direalisasikan oleh perusahaan.

  4. Data yang digunakan adalah data penjualan masing-masing varietas benih padi unggul varietas IR 64, IR 66, PB 36, Cisadane, dan Membramo, serta data penjualan total lima jenis varietas di atas selama 30 bulan terakhir (Variabel Y). 

D.   Rumusan Masalah

Berdasarkan   latar   belakang   masalah   di    atas,   maka    dapatdirumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Bagaimanakah pengaruh strategi pemasaran PT Sang Hyang Seri di bidang produk dan harga terhadap volume penjualan perusahaan?

  2. Elemen strategi pemasaran manakah yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan PT Sang Hyang Seri Kulon Progo? 


                [1] William J. Stanton, Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun, Erlangga,

Jakarta, 1991, hlm. 5.

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Keterangan: Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau Telp.0274-7400200. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Judul terkait:

Keyword:

strategi pemasaran (346), Analisis pemasaran (80), makalah strategi pemasaran (54), strategi pemasaran aqua (47), teknik pemasaran (41), Analisis penjualan (39), analisis strategi pemasaran (35), makalah riset pemasaran (34), latar belakang pemasaran (32), Strategi manajemen pemasaran (28)

Layanan Pencarian Data dan Penyedia Referensi Skripsi Tesis   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200