Did You Know? Human birth control pills work on gorillas.
RSS Feeds:
Posts
Comments

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.     Latar Belakang Masalah

 

Saat ini banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun manufaktur, dalam perkembangannya perusahaan-perusahaan tersebut mengalami persaingan yang sangat ketat diantara perusahaan yang memproduksi produk sejenis. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan tersebut harus benar-benar tepat dalam perencanaan, misalnya perencanaan produksi, pemasaran dan penyimpanan, dengan tujuan agar diperoleh biaya yang paling minimum sehingga keuntungan yang akan didapatkan bisa semaksimal mungkin.

Salah satu sebab perusahaan harus tepat dalam hal perencanaan produksi ialah karena jumlah permintaan yang tidak menentu (berfluktuasi). Dengan demikian maka diperlukan suatu metode yang  baku untuk mengantisipasi hal tersebut. Kenyataan yang sering terjadi ialah penumpukan produk pada periode tertentu yang akan menambah biaya simpan dan pada periode yang lain terjadi kekurangan produk yang menyebabkan permintaan konsumen tidak dapat dipenuhi, sehingga perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Permasalahan tersebut terjadi karena perusahaan belum menerapkan metode yang baku dalam perencanan produksi, sehingga berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dibuat suatu perencanaan produksi dimana perusahaan dapat menentukan jumlah produk yang harus diproduksi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan pasar.

 

1.2. Perumusan Masalah

 

Masalah yang timbul pada perusahaan adalah profit perusahaan belum optimal karena tidak adanya perencanaan produksi yang menjadi pedoman untuk memproduksi pada setiap periode sehingga terjadi penumpukan produk dan pada periode yang lain terjadi kekurangan produk. Sehingga perumusan masalahnya adalah  “Bagaimanakah perencanaan produksi yang optimal untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang fluktuatif  dengan biaya yang efesien ?”.

Salah satu pendekatan yang digunakan untuk membuat perencanaan produksi agregat ialah dengan metode Program Linier. Proses yang digunakan diawali dengan peramalan mengenai permintaan pada periode mendatang berdasar data masa lalu.

 

1.3. Batasan Masalah

Dalam melaksanakan penelitian perlu diadakan pembatasan masalah agar lebih terarah dan memudahkan dalam pembahasannya sehingga tujuan penelitian dapat tercapai. Beberapa batasan dalam penelitian ini antara lain :

Penelitian dilakukan terhadap satu jenis produk yaitu paving, mengingat produk tersebut tingkat penjualannya paling tinggi.

Penentuan perencanaan produksi agregat dengan menggunakan metode Linier Programing dengan periode 3 bulan mendatang.

Pembahasan tidak mencakup penjadwalan produksi.

 

1.4. Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah dapat memberikan masukan kepada PT. Sumber Rejeki Magelang tentang konsep perencanaan produksi untuk dijadikan alternatif pemecahan masalah antara proses produksi dan jumlah permintaan.

 

1.5. Manfaat Penelitian

Diharapkan dengan diadakan penelitian dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi perusahaan PT. Sumber Rejeki Magelang yakni masalah penentuan jumlah produksi untuk mengatasi fluktuasi permintaan konsumen.

 

1.6.  Sistematika Penulisan

Agar penulisan skipsi ini merupakan karya tulis ilmiah maka susunan penulisan yang digunakan adalah sebagai berikut :

BAB I  PENDAHULUAN

Berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penelitian.

BAB II LANDASAN TEORI

Berisi tentang konsep dan prinsip dasar yang diperlukan untuk memecahkan masalah penelitian

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Mengungkapkan tahapan pemecahan masalah serta langkah pemecahannya dengan menggunakan metode yang digunakan oleh penulis.

BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA

Menyajikan data-data yang diperoleh penulis dari sumber yang relevan serta pengolahan data dan cara analisa yang dipakai.

BAB V PEMBAHASAN

Berisi tentang hasil-hasil analisa dari data yang diperoleh dari penelitian dan pembahasan mengenai penyelesaian masalah berdasarkan gambaran umum obyek penelitian.

BAB VI  KESIMPULAN DAN SARAN

Sebagai masukan atau ide-ide baru terhadap sistem pengurangan biaya-biaya yang diperoleh dari hasil penelitian ini.

 


    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Keterangan: Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau Telp.0274-7400200. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Judul terkait:

    Keyword:

    agregat (303), perencanaan produksi (169), PERENCANAAN AGREGAT (88), metode produksi (56), metode penjadwalan produksi (33), analisa produksi (30), metode perencanaan produksi (21), perencanaan jumlah produksi (19), metode perencanaan agregat (19), perencanaan produksi agregat (18)

    Layanan Referensi & Konsultan Skripsi Tesis & Disertasi   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200