Did You Know? The number of possible ways of playing the first four moves per side in a game of chess is 318,979,564,000.
RSS Feeds:
Posts
Comments

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pembangunan adalah usaha untuk menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu hasil-hasil pembangunan tergantung dari seluruh rakyat sebagai peningkatan kesejahteraan lahir dan batin secara adil dan merata. Sebaliknya berhasilnya pembangunan tergantung dari partisipasi seluruh rakyat, yang berarti bahwa pembangunan harus dilaksanakan secara merata oleh segenap lapisan rakyat.

Untuk mewujudkan pembangunan yang merata di seluruh tanah air telah diselenggarakan berbagai macam pembangunan sarana fisik di seluruh tanah air. Pembangunan proyek-proyek sarana prasarana berwujud pembangunan dan rehabilitasi jalan-jalan, jembatan, pelabuhan dan irigasi, saluran-saluran air, gedung-gedung perumahan rakyat maupun kantor-kantor pemerintah.
Dalam pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, dibutuhkan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Partisipasi masyarakat itu dilaksanakan dengan berbagai cara antara lain melaksanakan proyek-proyek pemerintah. Pelaksanaan proyek-proyek pemerintah itu dilakukan oleh pemborong. Dalam hal ini untuk menandai usaha pemborongan yang belum berbentuk badan hukum maka di depan nama pemborong itu diberi huruf PB, yang merupakan singkatan dari Pemborong.

Untuk melaksanakan proyek dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Apabila suatu proyek yang sedang dibangun mengalami kekurangan modal maka pembangunan akan menjadi terhambat. Oleh karena itulah dibutuhkan jaminan bahwa pemborong yang melaksanakan proyek itu memang benar-benar mempunyai modal yang cukup.

Salah satu cara untuk meyakinkan bahwa pemborong benar-benar mempunyai modal yang cukup untuk melaksanakan proyek adalah dengan mengadakan bank garansi. Bank garansi adalah jaminan dari bank bahwa pemborong yang melaksanakan pembangunan proyek pemerintah memiliki modal yang cukup. Kecukupan modal itu diperoleh dari pinjaman bank kepada pemborong tersebut.

Dengan sifatnya yang demikian bank garansi merupakan suatu lembaga yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu proyek. Dalam hal ini pemerintah daerah selaku pemilik proyek tidak akan mau memberikan suatu proyek kepada pemborong tanpa adanya bank garansi dari bank yang ditunjuk oleh pihak pemerintah.

Melihat betapa pentingnya peranan bank garansi ini di dalam pembangunan proyek-proyek pemerintah, membuat penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai hal tersebut dan menuliskan hasilnya dalam bentuk tesis dengan judul Bank Garansi Sebagai Jaminan dalam Perjanjian Pemborongan di Kabupaten Mojokerto.


B. Rumusan Masalah
Dari uraian dalam latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

1. Bagaimana peran bank garansi dalam menjamin pelaksanaan proyek yang dijaminnya?

2. Kendala apa saja yang ditemui dalam pelaksanaan bank garansi dan bagaimana cara mengatasinya?


C. Tujuan Penelitian

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah:

1. Untuk mengetahui peran bank garansi dalam menjamin pelaksanaan proyek yang dijaminnya.

2. Untuk mengetahui kendala yang ditemui dalam pelaksanaan bank garansi dan cara mengatasinya.


D. Manfaat Penelitian

Manfaat dilakukannya penelitian ini adalah:

  1. Bagi penulis, hasil penelitian ini bermanfaat menambah pengetahuan yang bersifat praktis sehingga dapat dimanfaatkan untuk menunjang ilmu teoritis yang diperoleh di bangku kuliah.
  2. Bagi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, hasil penelitian ini bermanfaat menambah kajian di bidang perbankan, khususnya bank garansi.
  3. Bagi perusahaan pemborong, hasil penelitian ini bermanfaat untuk dijadikan acuan dalam pengurusan bank garansi kepada pihak bank yang telah ditunjuk pemerintah.
  4. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan perbandingan bagi peneliti lain yang ingin meneliti masalah sejenis.


    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Keterangan: Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau Telp.0274-7400200. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Judul terkait:

Keyword:

bank garansi (354), contoh bank garansi (66), BANK GARANSI ADALAH (36), GARANSI BANK (34), makalah bank garansi (19), perjanjian pemborongan (15), latar belakang bank garansi (13)

Layanan Referensi & Konsultan Skripsi Tesis & Disertasi   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200