Did You Know? There are approximately 320,000 icebergs in the world.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Dinas Kesehatan Lingkungan Kota Yogyakarta ditemukan wilayah dengan air sumur yang kadar Fe (besi) sangat tinggi (jauh melebihi batas normal sebagai air minum sebesar 0,3 mg/L) yaitu sebesar 2,1 mg/L, dan setelah kami perriksa pada bulan Agustus 2009 kadar besinya sebesar 1,81 mg/L. Wilayah tersebut adalah  Kelurahan Surokarsan, Wirogunan RT 15, wilayah ini berdekatan dengan aliran sungai Code. Keadan air sumurnya sangat terlihat abnormal. Dilihat secara visual terlihat air tersebut keruh, berwarna kuning tidak jernih, berbahu logam. Masyarakat setempat tidak berani menggunakan air sumur tersebut karena ketidak normalanya air tersebut. Selain itu diwilayah tersebut hanya ada satu sumur bersama untuk MCK yang digunakan beberapa kepala keluarga.

Secara kualitas, ditemukan beberapa penyimpangan terhadap parameter kualitas air bersih, baik kualitas fisik, kimia, ataupun biologis. Penurunan kualitas air diantaranya diakibatkan oleh adanya kandungan besi yang sudah ada pada tanah karena lapisan-lapisan tanah yang dilewati air mengandung unsur-unsur kimia tertentu, salah satunya adalah persenyawaan besi. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti mengadakan percobaan dengan menggunakan zeolit untuk menurunkan kadar Fe yang terdapat dalam air (M. Ridwan, 2005).

Saat ini keadaan air di duniapun sangat memprihatinkan, berdasarkan penelitan yang dilakukan pada tahun 1992 gambaran keadaan stok air di dunia dari 100% total air di bumi hanya terdapat 3% air tawar. Dan ketersediaan air tawar yang ada hanya 0,5%, dari 0,5% tersebut yang memadai secara kualitas untuk konsumsi manusia adalah sebesar 0,0003% (Kusnaedi.1995).

Berdasarkan penjabaran terdebut jelas terlihat bahwa keadaan air di dunia yang memenuhi syarat kesehatan sangatlah terbatas. Tingginya tingkat pencemaran lingkungan serta makin meningkatnya jumlah populasi manusia menjadikan keadaan semakin tak terkendali. Sehingga untuk meningkatkan kualitas air tersebut maka perlu diadakannya instalasi pengolahan air bersih yang sesuai dengan standar kesehatan.

Berdasarkan Kepmenkes RI No 907/MENKES/SK/VII/2002 tentang persyaratan kualitas air untuk konsumsi yang menerangkan bahwa kadar Fe dalam air maksimum diperbolehkan 0,3 mg/L. Untuk menanggulangi masalah tersebut perlu dilakukan upaya penyediaan pengolahan air skala rumah tangga yang dapat menghilangkan atau mengurangi kandungan Fe yang terdapat dalam air. Sebab jika kadar Fe melebihi kadar maksimum yang perbolehkan maka dapat mengganggu kesehatan.

Keterangan: Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap judul diatas dalam format Msword hubungi ke nomor:

HP. 0819 0405 1059/ 0812 2701 6999/ 0888 9119 100 atau Telp.0274-9553376. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme. Jika belum jelas, jangan ragu telepon kami :)

Salah satu upaya dalam memperbaiki kualitas air untuk kebutuhan sehari-hari adalah dengan sistem filtrasi. Cara ini cukup praktis dan ekonomis dibandingkan dengan beberapa cara yang lainnya. Media yang sering digunakan untuk menurunkan kadar besi dalam dengan filtrasi adalah zeolit. Zeolit merupakan salah satu jenis batuan yang cukup banyak terdapat di Indonesia.

Zeolit memiliki sifat menukar ion yang dapat memisahkan zat-zat tertentu yang terkandung dalam air. Dalam penggunaannya batuan ini lama kelamaan mencapai waktu batas pemakaian sehingga tidak mampu lagi menurunkan zat tersebut secara signifikan. Sehingga perlu dilakukannya pengamatan lebih lanjut untuk mengetahui berapakah lama pemakaian zeolit tersebut.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka dapat diketahui berapakah waktu pemakaian filter dengan media zeolit untuk menurunkan kadar fe dalam air sumur dalam keadaan aliran maksimum?

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Judul terkait:

Layanan Referensi & Konsultan Skripsi Tesis & Disertasi   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 9553376