Did You Know? There is no theory of evolution, just a list of creatures Chuck Norris allows to live.

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

A.  Latar Belakang Masalah

Bank adalah suatu badan usaha yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan   benda-benda    berharga, membiayai perusahaan-perusahaan, dan lain-lain (Abdurrachman, 1998 : 1). Dari pengertian bank di atas dapat diketahui bahwa usaha bank selalu berkaitan dengan masalah keuangan, yaitu : menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank lainnya.

 Dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat dilakukan bank dengan mengembangkan berbagai produk dan jasa perbankan. Produk perbankan yang dikembangkan berupa produk penyimpanan dana (dalam bentuk tabungan, deposito, giro) maupun peminjaman dana (dalam bentuk kredit). Sedangkan jasa perbankan yang bisa dinikmati antara lain jasa transfer, inkaso, referensi, dan lain-lain. Jasa perbankan tersebut diciptakan, di samping untuk malayani kebutuhan nasabah, juga untuk menambah pendapatan Bank dari perolehan provisi (untuk kredit) dan komisi yang dibebankan pada setiap pengguna jasa perbankan.

Sebagaimana diketahui bahwa bank menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan, deposito dan giro. Dana tersebut kemudian dipinjamkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam hal ini karena bank menggunakan dana yang dihimpun dari masyarakat, maka masyarakat penabung diberi balas jasa berupa bunga. Balas jasa kepada penabung ini merupakan sumber pengeluaran bank. Di lain pihak, karena bank memberikan jasa peminjaman uang kepada masyarakat peminjam, maka masyarakat yang meminjam tersebut dikenakan jasa berupa bunga kredit yang harus dibayarkan kepada pihak bank.

Selain mendapatkan sumber dana dari nasabah dalam bentuk tabungan, deposito dan giro, bank juga dapat memperoleh dana dari pihak ketiga. Dana dari pihak ketiga ini berupa saham. Di bank BPD Yogyakarta saham-saham ini dipegang oleh pemerintah daerah, baik pemerintah daerah kabupaten maupun pemerintah daerah propinsi. Dana yang diperoleh dari pihak ketiga ini dalam prakteknya digunakan BPD untuk melaksanakan kegiatan operasional perbankan, antara lain dipinjamkan lagi kepada nasabah peminjam, sehingga dari peminjaman tersebut Bank BPD mendapat keuntungan yang berupa bunga. Bunga ini merupakan sumber pendapatan bagi Bank BPD. Akan tetapi sebagai balas jasa kepada pihak ketiga yang telah menanamkan sahamnya pada Bank BPD, maka Bank BPD mempunyai kewajiban untuk membagi keuntungan kepada para pemegang saham dalam bentuk deviden.

Dengan demikian jika di satu pihak Bank BPD mengeluarkan dana untuk membayar biaya bunga tabungan, deposito dan giro kepada nasabah penabung dan deposan, dan harus membagi keuntungan (deviden) dengan pihak pemegang saham (merupakan sumber pengeluaran), akan tetapi di pihak lain Bank BPD juga akan mendapatkan pemasukan yang berasal dari penyelenggaraan jasa perbankan dengan menggunakan dana dari tabungan, deposito dan dana pihak ketiga tersebut, antara lain berupa bunga kredit jika dana tersebut dipinjamkan kepada nasabah peminjam.

 

B.   Rumusan Masalah

Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah :

  1. Apakah biaya bunga, kredit yang diberikan dan dana pihak ketiga secara bersama-sama berpengaruh  terhadap  pendapatan  Bank  BPD  PropinsiDIY triwulan I 1998 – triwulan IV 2002?
  2. Apakah biaya bunga, kredit yang diberikan dan dana pihak ketiga secara individual berpengaruh terhadap pendapatan Bank BPD Propinsi DIY triwulan I 1998 – triwulan IV 2002?
  3. Variabel mana yang paling berpengaruh terhadap pendapatan Bank BPD Propinsi DIY triwulan I 1998 – triwulan IV 2002?

Keterangan: Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap judul diatas dalam format Msword hubungi ke nomor:

HP. 0819 0405 1059/ 0812 2701 6999/ 0888 9119 100 atau Telp.0274-9553376. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme. Jika belum jelas, jangan ragu telepon kami :)

 

C.   Tujuan Penelitian

Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah :

1.  Untuk mengetahui pengaruh biaya bunga, kredit yang diberikan dan dana pihak ketiga secara bersama-sama terhadap pendapatan Bank BPD Propinsi DIY triwulan I 1998 – triwulan IV 2002.

2.  Untuk mengetahui pengaruh biaya bunga, kredit yang diberikan dan dana pihak ketiga secara individual terhadap pendapatan Bank BPD Propinsi DIY triwulan I 1998 – triwulan IV 2002.

3.  Untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap pendapatan Bank BPD Propinsi DIY triwulan I 1998 – triwulan IV 2002.

 

D.   Manfaat Penelitian

Dalam penelitian ini manfaat yang dapat diperoleh adalah :

1.  Bagi Bank

Dapat memberikan masukan kepada Bank BPD Propinsi DIY mengenai kebijakan penentuan biaya bunga, kredit yang disalurkan kepada masyarakat dan pengelolaan dana pihak ketiga.

2.  Bagi Peneliti

Merupakan sarana untuk menerapkan pengetahuan tentang teori-teori yang selama ini dipelajari di bangku kuliah dengan  pelaksanaannya di lapangan.

3.  Bagi Fakultas Ekonomi Universitas ………………..

Dapat menambah khasanah kajian tentang Bank BPD Propinsi DIY khususnya berkaitan dengan pengelolaan dana pihak ketiga.

 

E.   Definisi Operasional

Beberapa definisi operasional yang terkait dengan judul dapat diberikan sebagai berikut:

1.   Biaya bunga

Adalah biaya yang dikeluarkan bank untuk diberikan kepada nasabah penabung dan nasabah deposan yang besarnya ditentukan oleh pihak bank dan diberikan kepada nasabah dalam satuan waktu tertentu, misalnya harian atau bulanan.

2.   Kredit

Adalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah peminjam dan sebagai imbalannya bank mendapatkan bunga kredit sebagai sumber pemasukan bank.

3.   Dana pihak ketiga

Adalah dana yang dihimpun dari masyarakat dalam bentuk saham yang digunakan bank untuk melakukan operasi perbankan. Sebagai imbalannya, bank harus memberikan deviden kepada para pemegang saham.

4.  Pendapatan bank

Adalah pendapatan yang diperoleh bank dari operasi perbankan yang dilakukannya, antara lain dari hasil bunga, keuntungan transaksi valuta asing, provisi dan komisi, deviden atas saham, pendapatan operasional lainnya dan pendapatan non  operasional.

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Judul terkait:

Keyword:

pengertian deposito (266), dana pihak ketiga (128), dana pihak ketiga adalah (106), Pengertian Dana Pihak Ketiga (52), pengertian provisi (41), definisi dana pihak ketiga (34), pengertian biaya provisi (33), definisi provisi (32), pengertian DPK (31), dana pihak ke 3 (28)

Layanan Referensi & Konsultan Skripsi Tesis & Disertasi   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 9553376