Did You Know? Human birth control pills work on gorillas.
RSS Feeds:
Posts
Comments

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Kaum muda adalah inisiator dan kreator perjuangan. Bangsa Indonesia telah menyaksikan bahwa momentum perjuangan telah diciptakan dan diharumkan kaum muda dalam perjalanan sejarahnya. Sedikitnya ada lima momentum perjuangan bangsa Indonesia yang tidak lepas dari peran para pemuda yaitu kebangkitan nasional 1908, sumpah pemuda 1928, proklamasi kemerdekaan 1945, kelahiran orde baru 1966 dan gerakan reformasi 1998 (http://www.wongpete.com, diakses pada tanggal 27 Mei 2010). Dalam makalah ini, yang akan dibahas adalah Sumpah Pemuda dan peranannya dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda dicetuskan melalui Kongres Pemuda II yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 26-28 Oktober 1928, dimotori oleh PPPI (Persatuan Pemuda Pelajar Indonesia) (http://indocase.nl/, diakses pada tanggal 27 Mei 2010). Ikrar seluruh pemuda Indonesia yang terkenal dengan Sumpah Pemuda tahun 1928, merupakan peristiwa yang menunjukkan bahwa para pemuda sadar, bahwa semangat persatuan dan kesatuan sangat diperlukan untuk merebut Indonesia merdeka. Cita-cita besar dalam Sumpah Pemuda mampu mengesampingkan perbedaan latar belakang ideologi dan perdebatan di antara seluruh Bangsa Indonesia yang terdiri dari beratus-ratus suku bangsa. Dari sini juga diyakini bahwa sumpah pemuda pada dasarnya bukanlah deklarasi dangkal untuk sekedar bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Lebih jauh dari itu, Sumpah Pemuda merupakan sebuah deklarasi bahwa kepentingan nasional ada di atas kepentingan pribadi, golongan, kelompok, dan kedaerahan semata. Sebagaimana telah tercermin dari sejarah Sumpah Pemuda, maka demi mencapai kepentingan nasional setiap ego pribadi, golongan, kelompok dan kedaerahan wajib dipinggirkan terlebih dahulu. Melalui Sumpah Pemuda, kata Indonesia dijadikan sebagai identitas kebangsaan yang diakui oleh setiap suku bangsa, serta organisasi-organisasi pergerakan yang ada di Indonesia maupun yang di luar wilayah Indonesia (http://indocase.nl/, diakses pada tanggal 27 Mei 2010).

Pada gilirannya Sumpah Pemuda yang telah membangkitkan semangat nasionalisme kebangsaaan, sangat berperan dalam gerakan nasional Indonesia merdeka. Semangat cinta tanah air yang digelorakan oleh Sumpah Pemuda, telah membangkitkan semangat rela berkorban demi mencapai tujuan mulia, Indonesia merdeka. Semangat rela berkorban demi tanah air inilah yang menjadi rahasia peranan Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu cara untuk menghidupkan kembali nilai-nilai luhur yang dimiliki para pahlawan adalah melakukan napak tilas perjuangan mereka, mempelajari dan menulis kembali perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan, serta menjadikannya sebagai pemandu untuk terus maju ke depan, mewujudkan cita-cita kemerdekaan. Pengisian kemerdekaan itu dilakukan oleh para pemuda. Oleh karena itulah peristiwa Sumpah Pemuda menjadi penting untuk ditulis dalam rangka meningkatkan semangat para pemuda dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Berdasarkan latar belakang di atas, penulis ingin mengetahui lebih lanjut mengenai peranan Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk itu dituliskan karya ilmiah ini.

B.  Batasan Masalah

Untuk mendapatkan tulisan yang fokus dan  mendalam  terkait  dengan topik yang telah ditentukan, maka diberikan batasan masalah. Adapun batasan yang diberikan adalah berupa tahun penelitian, yaitu dimulai dari tahun 1908 – 1928. Penelitian dibatasi mulai dari tahun 1908 karena pada tahun itu, para pemuda telah mulai memiliki kesadaran persatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan, yaitu dengan dibentuknya Boedi Oetomo 1908. Kesadaran bahwa perjuangan kemerdekaan membutuhkan persatuan, membuat para pemuda melakukan ikrar Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Sumpah Pemuda ini merupakan ikrar satu tanah air, satu bahasa dan satu bangsa, yaitu Indonesia.

C.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

  1. Bagaimana latar belakang diselenggarakan Kongres Pemuda?
  2. Bagaimana  pelaksanaan  Kongres  Pemuda  yang  menghasilkan  Sumpah Pemuda?
  3. Bagaimana pengaruh Sumpah Pemuda terhadap perjuangan Indonesia merdeka?

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Keterangan: Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau Telp.0274-7400200. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Judul terkait:

Keyword:

peranan sumpah pemuda (67), pengaruh sumpah pemuda (33), peran sumpah pemuda (27), tujuan sumpah pemuda (27), peranan sumpah pemuda bagi indonesia (18), hubungan sumpah pemuda dengan perjuangan kemerdekaan (17), perjuangan sumpah pemuda (15), DAMPAK SUMPAH PEMUDA (12), makalah tentang peranan pemuda dalam mengisi kemerdekaan (1)

Layanan Pencarian Data dan Penyedia Referensi Skripsi Tesis   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200