Did You Know? The first reference to a handgun was made in an order for iron bullets in 1326.
RSS Feeds:
Posts
Comments

BAB   I

PENDAHULUAN 

1.1.           Latar Belakang Masalah

Meningkatnya kompetisi yang mengarah pada pemenuhan tuntutan kebutuhan konsumen baik secara kuantitas maupun kualitas menyebabkan dunia usaha harus terus berjuang meningkatkan pelayanan dan fleksibilitasnya untuk dapat beradaptasi dan berinovasi secara cepat dan tepat. Salah satu hal yang menyolok dalam sebuah instansi pelayanan langsung ke konsumen adalah bagian fasilitas pelayanan (kasir). Waktu mengantri yang terlalu panjang bisa menyebabkan konsumen enggan untuk berkunjung kembali di masa yang akan datang, di sisi lain bila tidak ada antrian hingga tenaga kerja bagian fasilitas pelayanan (kasir) banyak yang menganggur akan menyebabkan kerugian secara implisit bagi perusahaan.Dalam model-model antrian, kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan dijelaskan dalam bentuk distribusi probabilitas, yang umumnya disebut sebagai Distribusi Kedatangan (arrival distribution) dan Distribusi Waktu Pelayanan (service time distribution). Selain kedua faktor tersebut ada foktor lain yang juga cukup penting dalam pengembangan model – model antrian, diantaranya : rancangan sarana pelayanan, peraturan pelayanan dan prioritas pelayanan, ukuran antrian, dan perilaku manusia menjadi hal yang tidak terlepas dari masalah antrian ini.Faktor ketidakpastian (randomize) juga sangat berpengaruh dalam perilaku sistem pelayanan. Dimana dalam sistem pelayanan tersebut baik tingkat kedatangan pelanggan maupun tingkat pelayanan sama – sama mempunyai sifat tidak pasti (random). Salah satu cara yang biasa digunakan untuk mengamati perilaku sistem yang mengandung faktor ketikpastian (randomize) yaitu menggunakan model simulasi. Sistem yang besar dan kompleks menyebabkan simulasi sebagai alat analisis untuk pengambilan keputusan menjadi semakin populer dan diperlukan.Simulasi berusaha mempresentasikan sistem nyata yang ada dengan presisi yang lebih mudah untuk diamati dibandingkan jenis model lain. Dengan simulasi memungkinkan untuk dapat mengamati bagaimana sistem yang dipresentasikan dalam model ini berperilaku. Dengan kata lain model simulasi yang baik adalah model simulasi yang tidak hanya berorientasi pada output/hasil dari sebuah sistem, melainkan bagaimana model tersebut dapat menjelaskan karakteristik dan perubahan sistem dari waktu ke waktu. Semakin mampu model simulasi menirukan sistem nyatanya maka semakin baik model tersebut.Dari uraian di atas, dengan menyadari arti pentingnya pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan maka perlu adanya perbaikan kinerja dari proses pelayanan yang mempunyai sifat tidak pasti tersebut. Sedangkan simulasi sangat cocok untuk mengamati sistem yang bersifat tidak pasti, sehingga hal tersebut melatarbelakangi penulis mengangkat permasalahan ini sebagai judul skripsi, yaitu : “Usulan Perbaikan Sistem Antrian pada Kasir GARDENA Supermarket”. 

1.2.           Perumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dapat diambil suatu rumusan permasalahan, yaitu usulan sistem pelayanan yang bagaimana yang akan memperpendek waktu tunggu dari setiap pelanggan yang mengantri? 

1.3.           Batasan Masalah

Dalam setiap pembahasan suatu permasalahan, perlu diadakan pembatasan agar dalam penulisan penelitian ini lebih terarah. Batasan masalah yang diambil dalam penulisan penelitian ini adalah :1.      Obyek penelitian ini adalah di GARDENA Supermarket.2.      Pelayanan pada server mengikuti disiplin pelayanan FCFS (first come first served). 

1.4.           Asumsi

 Dalam penulisan laporan ini diperlukan asumsi untuk memperjelas dalam pengolahan data yang akan dilakukan, diantaranya :1.      Semua tenaga kerja bagian fasilitas pelayanan (kasir) dianggap mempunyai kemampuan yang hampir sama.2.      Faktor mesin dan peralatan pada setiap stasiun fasilitas pelayanan (kasir) dianggap berjalan/bekerja sebagaimana mestinya. 

1.5.           Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif usulan sistem antrian dari fasilitas pelayanan (kasir) yang dapat menghasilkan waktu tunggu yang lebih baik.  

1.6.           Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai tolak ukur dalam pengambilan keputusan bagi instansi atau lembaga yang terkait untuk pengambilan keputusan dalam menentuan sitem antrian pelayanannya. 

1.7.           Sistematika Penulisan

Agar lebih terarah, maka penulisan penelitian ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :

BAB  I  PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah yang menjadi topik penelitian, perumusan masalah, batasan masalah, asumsi-asumsi, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini dijabarkan teori–teori dan beberapa konsep yang berkaitan dengan penelitian serta metode–metode yang sesuai dengan permasalahan yang ada sebagai landasan penulisan, pengolahan data, maupun dalam analisis dan pembahasan.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini berisi obyek penelitian yang  dilakukan  dan  kerangka  penelitian yang menggambarkan bentuk penelitian yang dilakukan serta langkah– langkah yang diambil dalam pemecahan permasalahan.

BAB IV PENGOLAHAN DATA DAN ANALISA HASIL

Pada bab ini berisi tentang penyajian dan pengolahan data yang diperoleh dari hasil penelitian yang kemudian akan dibahas untuk mendapatkan solusi terbaik.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dikemukakan dari hasil analisis dan pemecahan masalah. 

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Keterangan: Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau Telp.0274-7400200. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Judul terkait:

    Keyword:

    contoh simulasi antrian (29), kasir gardena (25), sistem antrian (19), contoh sistem antrian (18), jurnal antrian (17), sistem kasir (12)

    Layanan Pencarian Data dan Penyedia Referensi Skripsi Tesis   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200