Did You Know? The banana is a female fruit. The male flowers on a banana tree turn into flowers, but not fruit.
RSS Feeds:
Posts
Comments

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Masa pendudukan Jepang di Indonesia dimulai pada tahun 1942 dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945 seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno – Hatta atas nama bangsa Indonesia (http://id.wikipedia.org diakses pada tanggal 3 Juni 2010). Penguasaan Jepang terhadap Indonesia diawali oleh peristiwa penyerangan Pearl Harbour yang merupakan pusat pertahanan Amerika Serikat di Laut Pasifik oleh Jepang pada tanggal 8 Desember 1941 (Suhartono, 2001: 118). Sejak itu serangan juga diarahkan ke Indonesia untuk melumpuhkan Hindia Belanda. Akibat serangan bertubi-tubi dari Jepang, Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang dalam Perundingan Kalijati. Sejak saat penandatanganan perjanjian itulah Jepang secara resmi berkuasa di Indonesia (Suhartono, 2001: 119).

Penundukan Belanda oleh Jepang membuat Bangsa Indonesia menyambut hangat kedatangan Jepang yang selama 3,5 abad sudah dijajah Belanda. Apalagi dalam melaksanakan penjajahannya, Jepang berkampanye menjadi pelindung Asia. Jepang mengaku sebagai ”saudara tua” yang akan melindungi semua bangsa di Asia, termasuk Indonesia. Jepang mengeluarkan slogan 3A yang terkenal, yaitu Jepang Cahaya Asia, Jepang Pemimpin Asia dan Jepang Pelindung Asia (MC. Ricklefs, 2005: 411). Semua propaganda Jepang itu membuat penduduk Indonesia menyambut baik pendudukan Jepang. Rakyat Indonesia menaruh harapan yang besar dapat merdeka dari penjajahan dengan bantuan yang diberikan Jepang.

Akan tetapi yang terjadi kemudian justru Jepang menjadi musuh sekaligus penjajah Asia, termasuk Indonesia. Setelah beberapa saat berkuasa di Indonesia, Jepang mulai menunjukkan tujuan yang sebenarnya berkuasa di Indonesia. Tujuan Jepang menyerang dan menduduki wilayah bekas jajahan Hindia-Belanda adalah untuk menguasai sumber-sumber alam, terutama minyak bumi, guna mendukung perang Jepang serta mendukung industrinya. Apalagi setelah Amerika Serikat melancarkan embargo minyak bumi, yang sangat mereka butuhkan, baik untuk industri di Jepang, maupun untuk keperluan perang. Sementara Indonesia dari dulu adalah penghasil minyak bumi yang terbesar di wilayah Asia. Jawa dirancang sebagai pusat penyediaan bagi seluruh operasi militer di Asia Tenggara, dan Sumatera dirancang sebagai sumber minyak utama (http://id.wikipedia.org diakses pada tanggal 3 Juni 2010).

Kedatangan Jepang menandai sejarah hitam bangsa Indonesia sepanjang tiga setengah tahun yang sangat menyengsarakan rakyat. Walaupun Indonesia mengalami penjajahan Jepang hanya 3,5 tahun akan tetapi penderitaan rakyat Indonesia jauh lebih berat dibandingkan pada masa penjajahan Belanda. Bukan hanya kerugian di bidang materiil yang dialami penduduk Indonesia, namun juga dari sisi mentalitas dan kehormatan.  Secara materil, Jepang merugikan penduduk Indonesia karena melakukan penghisapan besar-besaran atas sumber-sumber alam Indonesia sehingga penduduk Indonesia banyak yang kelaparan pada jaman penjajahan Jepang. Sedangkan secara mental dan kehormatan, Jepang telah merusak mental penduduk Indonesia dengan menjadikannya romusha bagi laki-laki, dan menjadi pemuas kebutuhan seks tentara Jepang bagi wanita. Semua peristiwa itu membekas di dalam hati sanubari penduduk Indonesia dan menjadikannya sebagai trauma yang akan selalu menghantui hidupnya (http://id.wikipedia.org diakses pada tanggal 3 Juni 2010).

Kekejaman dan kesewenang-wenangan yang dialami penduduk Indonesia, membuat penduduk menjadi bertekad untuk segera mengusir penjajahan Jepang di Indonesia. Perjuangan mengusir penjajah Jepang tersebut sangat berat. Namun penduduk Indonesia dengan dibantu oleh tentara PETA yang tadinya adalah tentara bentukan Jepang, bahu-membahu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Peperangan demi peperangan yang membawa korban nyawa, harta dan benda, semakin menambah panjang daftar pejuang yang menjadi pahlawan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya perjuangan dengan seluruh tumpah darah tersebut berhasil membawa Indonesia ke gerbang kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Banyaknya pahlawan yang gugur dalam perjuangan fisik melawan Jepang, sekaligus menjadi bukti bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari Jepang. Penulisan kembali perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Jepang dapat menguatkan semangat nasionalisme seluruh Bangsa Indonesia sehingga sangat penting untuk dilakukan. Berdasarkan latar belakang itulah, maka penulis menulis makalah dengan judul Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Era Pendudukan Jepang.

B. Batasan Masalah

Era pendudukan Jepang berlangsung dari tahun 1942 – 1945. Oleh karena itu tahun tersebut dijadikan batasan masalah dalam penulisan makalah ini. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menguraikan perjuangan Bangsa Indonesia pada tahun-tahun sebelum atau sesudah tahun batasan masalah ini, apabila memang diperlukan. Hal ini dikarenakan peristiwa sejarah tidak pernah lepas dari peristiwa lainnya yang kait-mengait satu sama lain.

C.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, dirumuskan permasalahan sebagai berikut.

  1. Apa latar belakang Jepang memperluas daerah kekuasaan?
  2. Bagaimana keadaan bangsa Indonesia dalam era pendudukan Jepang?
  3. Gerakan-gerakan apa saja yang dilakukan untuk melawan penindasan Jepang di Indonesia?

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Keterangan: Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau Telp.0274-7400200. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Judul terkait:

Keyword:

yhs-fh_lsonsw (101), pendudukan jepang di indonesia (26), yhs-002 (25), perjuangan bangsa indonesia (23), perjuangan bangsa indonesia melawan jepang (18), yhs-fullyhosted_003 (18), penjajahan jepang di indonesia (18), perlawanan rakyat indonesia terhadap jepang (17), zaman pendudukan jepang di indonesia (15), Penjajahan jepang (14)

Layanan Pencarian Data dan Penyedia Referensi Skripsi Tesis   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200