Did You Know? Tidak masalah seberapa sering engkau jatuh, yang terpenting adalah seberapa cepat engkau bangkit.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini teknologi memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua bidang kehidupan telah menggunakan teknologi yang maju, baik teknologi yang berasal dari dalam negeri maupun teknologi yang berasal dari luar negeri. Dalam kaitannya dengan penggunaan teknologi ini terdapat suatu istilah yang dikenal dengan nama hak paten. Hak paten adalah :
Suatu hak khusus yang dimiliki oleh seorang penemu atau orang lain yang diberi hak oleh penemu untuk melaksanakan melaksanakan sendiri suatu penemuan atau memberi izin kepada orang lain untuk melaksanakan penemuan itu (Chairul Anwar, 2002 : 2).

Dalam konteks ini yang dimaksud dengan penemuan adalah suatu penemuan di bidang teknologi.
Adanya hak paten dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada para penemu atau pemegang paten agar patennya tidak dilanggar dengan sewenang-wenang oleh orang lain yang tidak berhak. Dalam hal ini seorang penemu otomatis menjadi pemegang paten, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang lain yang bukan penemu juga menjadi pemegang paten, yaitu dengan cara meminta lisensi dari penemu pemegang paten agar orang tersebut juga diberi hak yang sama dengan penemu pemegang paten untuk dapat melaksanakan suatu paten.
Sebagaimana diketahui bahwa teknologi yang merupakan esensi dari paten adalah ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam proses industri. Teknologi lahir dari kegiatan penelitian dan pengembangan (Research and Development/R & D) yang membutuhkan pengorbanan waktu, materi dan tenaga yang tidak sedikit. Oleh karena itu diberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada setiap orang yang berhasil menemukan suatu teknologi dengan cara memberinya hak khusus untuk melaksanakan sendiri penemuannya itu atau memberi izin bagi orang lain untuk itu.
Adanya kata “pelaksanaan penemuan” yang dimaksud di sini adalah kegiatan memproduksi suatu produk berteknologi. Jadi di sini terlibat suatu proses produksi dalam kegiatan industri yang pada akhirnya produk tersebut dijual kepada masyarakat untuk tujuan mendapatkan keuntungan.
Agar hak paten tidak dilanggar sewenang-wenang perlu adanya upaya penegakan hukum yang serius dan ditunjang oleh perangkat hukum yang kuat. Untuk itu Pemerintah telah mengeluarkan Undang-undang No. 14 Th. 2001. Di dalam undang-undang ini diuraikan ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan paten seperti hak dan kewajiban yang dimiliki oleh seorang pemegang paten, cara-cara memperoleh lisensi paten, berakhirnya lisensi paten, ketentuan tentang royalty, dan lain-lain.
Perlindungan hukum terhadap hasil penemuan di bidang teknologi, diharapkan hal ini dapat merangsang penemu untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menemukan pelbagai temuan di bidang teknologi dan sekaligus memudahkan alih teknologi dalam rangka menunjang pembangunan dan pengembangan di bidang teknologi.
Dalam prakteknya banyak paten yang berasal dari paten asing. Paten asing ini mempunyai hak yang sama untuk dilindungi di Indonesia. Undang-undang Paten di Indonesia memberikan perlindungan dengan cara memberikan hak kepada pemegang paten untuk menuntut secara pidana dan perdata kepada pihak yang melanggar paten asing tersebut.
Berkaitan dengan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap paten asing yang ada di Indonesia dan menuliskan hasilnya dalam tesis berjudul PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PATEN ASING MENURUT UU NO. 14 TH. 2001 TENTANG PATEN

Keterangan: Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap judul diatas dalam format Msword hubungi ke nomor:

HP. 0819 0405 1059/ 0812 2701 6999/ 0888 9119 100 atau Telp.0274-9553376. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme. Jika belum jelas, jangan ragu telepon kami :)

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana ruang lingkup perlindungan paten asing menurut UU No. 14 Th. 2001?
  2. Bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap paten asing di Indonesia?

C. Tujuan Penelitian
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui ruang lingkup perlindungan paten asing menurut UU No. 14 Th. 2001.
  2. Untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum terhadap paten asing di Indonesia.

D. Manfaat Penelitian
Dengan diadakannya penelitian ini memberi manfaat sebagai berikut :
1. Bagi penulis
Dapat melengkapi teori yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan praktek di lapangan berkaitan dengan pelaksanaan hak paten, khususnya paten asing.
2. Bagi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Dapat menambah khasanah kajian tentang Hak Kekayaan Intelektual di Indonesia, khususnya di bidang paten.
3. Bagi Peneliti Lain
Dapat dijadikan sebagai perbandingan dalam hal melakukan penelitian yang sejenis.

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Judul terkait:

Keyword:

perlindungan hak paten (22), paten asing (15), perlindungan paten (10), paten asing di indonesia (1)

Layanan Referensi & Konsultan Skripsi Tesis & Disertasi   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 9553376