Did You Know? The average person laughs about 15 times a day.
RSS Feeds:
Posts
Comments

SEKILAS TENTANG PSIKOTERAPI ISLAMI

I.   PENDAHULUAN

Seorang psikolog Amerika bernama Erich Fromm mengungkapkan bahwa manusia modern menghadapi suatu ironi. Mereka berjaya dalam menggapai capaian-capaian material, namun kehidupan mereka dipenuhi keresahan jiwa. Orang-orang modern banyak yang sangat rentan terhadap stress, depresi, merasa teralienasi (meski mereka hidup bersama orang lain) mengalami berbagai penyakit kejiwaan, hingga memutuskan untuk bunuh diri.

Hal ini sejalan dengan pandangan filosuf Inggris, Bertrand Russell, yang megatakan bahwa kemajuan-kemajuan material yang dicapai itu ternyata tidak dibarengi oleh kemajuan dibidang moral-spiritual. Russell menilai bahwa peradaban modern ditandai oleh terputusnya rantai kemajuan material dan kemajuan moral-spiritual.

Erich Fromm memberi contoh fakta yang menjadi problem manusia modern di Eropa dan Amerika, yaitu tingginya angka bunuh diri di kalangan lansia di negara yang berjaya dibidang ekonomi. Meski mereka hidup di panti werdha (settlement) yang memadai bersama orang-orang yang seusia serta mendapat berbagai jaminan sosial, banyak di antara mereka yang memutuskan untuk bunuh diri. Kebutuhan utama manusia yaitu menyembah Tuhan Yang Maha Esa, belum dipenuhi oleh peradaban Barat (dalam hal ini adalah oleh settlement yang ada di Amerika).

Problem kejiwaan manusia sebagaimana digambarkan di atas hampir terjadi di seluruh muka bumi, termasuk di Indonesia. Stress, depresi, merasa teralienasi, berbagai penyakit psikologis, agresivitas, kekerasan, pembunuhan, penjarahan, menjadi kosa kata yang sangat akrab, di samping karena kita lihat sendiri fenomenanya di depan mata kita, juga karena kita mengalaminya sendiri.

Pembahasan yang sederhana ini akan mencoba memberikan solusi dengan berbagai penelitian baik secara teori maupun kasus di lapangan.

II.  LATAR BELAKANG

Dalam beberapa dekade terakhir ini semakin tampak kepercayaan orang bahwa keberagamaan (religiusity), keimanan atau spiritualitas memiliki peran untuk mengatasi berbagai problem kejiwaan manusia modern. Dikatakan oleh Muhammad ‘Utsman Najati bahwa keimanan kepada Tuhan merupakan kekuatan luar biasa yang membekali manusia yang religius dengan kekuatan ruhaniah yang menopangnya dalam menanggung beban hidup, menghindarkannya dari keresahan yang menimpa banyak manusia modern yang didominasi oleh kehidupan materi dan persaingan keras guna meraih pendapatan materi, tapi pada saat yang sama ia membutuhkan hidangan ruhaniah.

Peran keimanan dalam mengatasi berbagai problem manusia jauh-jauh hari telah diperkenalkan oleh psikolog-psikolog Barat. William James (dalam Dale Carnegie) berujar, ”Tidak ragu lagi bahwa terapi yag terbaik bagi keresahan adalah keimanan kepada Tuhan. Keimanan kepada Tuhan merupakan kekuatan yang tidak boleh tidak harus dipenuhi untuk menopang seseorang dalam hidup ini”. Lebih lanjut ia berkata : “Antara Tuhan dengan kita ada hubungan yang tidak terputus. Apabila kita menundukkan diri di bawah pengarahan-Nya, maka semua cita-cita dan harapan kita akan tercapai”.

Orang-orang yang religius memiliki kepribadian yang lebih kuat  dan terhindar dari berbagai penyakit jiwa. Henry Link, seorang psikolog Amerika, menyatakan bahwa berdasarkan pengalamannya yang lama dalam menerapkan percobaan-percobaan kejiwaan  atas kaum buruh dalam proses pemilihan dan pengarahan profesi, ia mendapatkan bahwa pribadi-pribadi yang religius dan sering mendatangai tempat ibadah memiliki kepribadian yang lebih kuat dan baik ketimbang pribadi-pribadi yang tidak beragama atau tidak menjalankan sama sekali suatu macam ibadah. Sementara itu A.A. Brill, juga psikolog, berkata : “Individu yang benar-benar religius tidak akan pernah menderita sakit jiwa”.

Berbagai bukti empiris di Barat dan di Timur menunjukkan bahwa keberagamaan, keimanan, dan spiritualitas mengembangkan kepribadian seseorang dan sekaligus menurunkan problem-problem psikologis yang dialaminya. Carl G. Jung, setelah sekian lama dalam terapi psikologi berkata : “Selama tiga puluh tahun yang lalu, pribadi-pribadi dari berbagai bangsa di dunia telah mengadakan konseling denganku dan aku pun telah menyebuhkan banyak pasien………Tidak kudapatkan seorang pasien pun di antara para pasien yang telah berada pada penggal kedua umur mereka (lebih dari tiga puluh tahun) yang problem esensialnya bukan wawasan agama tentang kehidupan. Dapat kukatakan mereka telah menjadi mangsa penyakit. Sebab mereka telah kehilangan setiap agama-agama yang ada pada setiap masa. Sungguh tidak ada seorang pun di antara mereka yang menjadi sembuh, kecuali setelah ia kembali kepada wawasan agama tentang kehidupan.

III. LANDASAN TEORI

Pada dasarnya, psikoterapi Islami mengenal tiga tahap terapi, yaitu pembersihan diri (pengosongan diri atau sterilisasi dari sifat buruk dan hawa nafsu), pengembangan diri (pengisian sifat-sifat, cara berpikir, dan kebiasaan baik), dan penyempurnaan diri (tercapainya secara optimal upaya pengabdian kepada Allah dan kasih sayang dengan sesama). Hal ini searah dengan apa yang kita kenal dalam dunia Tasawuf, yaitu takhali, tahalli, dan tajali. Untuk melewati setiap tahap terapi di atas ada banyak teknik yang sebaiknya dilakukan. Pada dasarnya di antara berbagai teknik psikoterapi Islami itu dapat dilakukan penggolongan pendekatan, yaitu pendekatan kognitif-behavioral dan pendekatan psiko-spiritual. Pendekatan kognitif-behavioral menekankan penggunaan kesadaran atau akal pikir manusia untuk membantu penyelesaian problem. Pendekatan psiko-spiritual dilakukan dengan maksud untuk mendekatkan diri dengan Allah Azza wa jalla, yang merupakan sumber ampunan, ide, ketenangan dan sebagainya.

A.  Tahap Pembersihan Diri

Tahap ini secara khusus memiliki tujuan untuk dapat mengenali, menguasai dan membersihkan diri dari sifat-sifat, cara berpikir, atau kebiasaan buruk yang sudah melekat dalam diri seseorang. Menurut Subandi, ada beberapa teknik yang digunakan untuk membersihkan diri, yaitu (a) teknik pengenalan diri yang terdiri atas talqin, introspeksi dan pemantauan diri, (b) teknik pengembangan kontrol diri yang meliputi teknik “puasa” dan teknik paradoks, (c) teknik pembersihan diri yang meliputi teknik dzikir, teknik puasa, teknik membaca Al-Qur’an.

B.   Tahap Pengembangan Diri

Setelah diri dibebaskan dari berbagai kekurangan, penyakit hati, dan sebagainya, manusia perlu dibawa kepada situasi baru, yaitu pengembangan diri. Tujuannya adalah menumbuhkan sifat-sifat terpuji dalam diri seseorang. Teknik yang dapat digunakan adalah teknik internalisasi asmaul husna, teknik teladan rasul dan teknik pengembangan hubungan baik dengan sesama manusia.

Teknik Internalisasi Sifat-sifat Baik. Dalam hal ini seseorang mempelajai sifat-sifat baik yang patut dimiliki manusia. Sifat-sifat baik itu dapat diambil dari ajaran agama atau ajaran moral yang lain. Namun, sifat baik yang tidak diragukan relativitasnya dapat diambil dari asmaul husna. Allah memiliki sejumlah 99 nama baik (asmaul husna) seperti pengasih (ar-rohman), penyayang (ar-rahiim), pengampun (al-ghaffar), pemberi petunjuk (al-rasyid), dan seterusnya. Individu diminta untuk menghayati dan memasukkan nilai-nilai yang terkandung dalam asmaul husna, misalnya menumbuhkan rasa kasih sayang dan pengampunan terhadap sesama. Dalam tasawuf, cara yang ditempuh adalah mengulang-ulang nama tadi dengan jumlah bilangan tertentu.

Teknik Peneladanan. Teknik ini dilakukan dengan meneladani seseorang yang dianggap memiliki standar nilai dan perilaku yang tingggi. Dalam Islam yang merupakan teladan yang terbaik adalah Rasulullah yang merupakan Al-Qur’an yang hidup. Kalau seseorang mengharapkan dirinya memiliki jiwa dan perilaku yang baik sebagaimana diidealkan Al-Qur’an, maka yang dapat dia lakukan adalah meneladani bagaimana Al-Qur’an itu dalam diri manusia. Maka teladanilah Rasul. Rasul adalah suri tauladan sebagaimana Al-Qur’an.

C.   Tahap Penyempurnaan Diri

Jika pada tahap pengembangan banyak memfokuskan pada upaya memulai hubungan dengan sesama manusia dan melakukan hubungan dengan Allah dalam dataran syariah, maka dalam tahap penyempurnaan diri adalah tahap peningkatan hubungan dengan Allah Azza wa jala dan hubungan dengan sesama. Hubungan yang semula hanya sebatas dalam kegiatan ritual, ditingkatkan menjadi hubungan yang penuh “keakraban”. Kualitas semacam ini akan menghasilkan berbagai pengalaman keagamaan dalam diri seseorang. Hubungan yang semula untuk memperoleh keuntungan pribadi dan orang lain, dilanjutkan dengan hubungan yang bervisi, menghasilkan kebaikan dan pengembangan pribadi bagi orang lain. Hubungan tersebut merupakan manifestasi usaha menjalankan fungsi kekhalifahan, yaitu berupaya untuk menghadirkan rahmatan lil ‘alamin (kebaikan di seluruh bumi) bagi seluruh umat manusia.

Psikoterapi Islami dapat diartikan sebagai upaya mengatasi berbagai macam problem kejiwaan yang didasarkan pada pandangan dunia Islam. Psikoterapi Islam mempercayai bahwa keimanan dan kedekatan kepada Allah akan menjadi kekuatan yang sangat berarti bagi upaya perbaikan problem kejiwaan seseorang, pencegah berbagai problem kejiwaan, dan menyempurnakan kualitas hidup manusia. Di samping pendekatan psiko-spiritual (dengan keimanan dan kedekatan kepada Allah), psikoterapi Islami juga disandarkan kepada penggunaan akal piker dan usaha nyata manusia untuk memperbaiki diri. Psikoterapi Islami tidak semata-mata membebaskan orang dari penyakit, tapi juga perbaikan kualitas kejiwaan seseorang..

Berdasarkan pada berbagai macam penelitian di lapangan, kedekatan kepada Allah melalui shalat dapat menurunkan kecemasan di kalangan pelajar dan menurunkan stress kerja di kalangan karyawan, kedekatan kepada Allah melalui dzikrullah dapat meningkatkan rasa tenang, menjadikan detak jantung lebih teratur, dan menambah makna hidup, orientassi intrinsik dalam beragama menurunkan perilaku delinkuen, dan seterusnya.

IV. METODOLOGI

1.   Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat deskriptif eksploratif. Tujuan penelitian ini adalah membuat deskripsi gambaran atau lukisan secara sisematis, faktual dan akurat mengenai fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang sedang diselidiki dan digali.

2.   Populasi dan Sampel

Menurut Djarwanto populasi adalah universal, merupakan sejumlah keseluruhan dari satuan-satuan atau individu-individu yang karakteristiknya hendak diduga, satuan ini disebut unit analisis.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Karena keterbatasan waktu dan tenaga yang dimiliki, maka dalam penelitian ini yang diteliti hanyalah sampelnya saja yang diambil secara purposive sampling, yaitu bahwa responden yang diteliti hanyalah yang berkaitan langsung dengan objek penelitian penulis.

3.   Teknik Pengumpulan Data

Questioner

Questioner adalah rangkaian pertanyaan mengenai suatu hal yang digunakan untuk memperoleh jawaban-jawaban dari responden.

Agar data yang digunakan mudah untuk dianalisa maka penyusun telah menyediakan alternatif jawaban yaitu : a, b, c dari setiap jawaban diberi nilai atau skor sebagai berikut :

Alternatif a dengan nilai 3

Aternatif b dengan nilai 2

Alternatif c dengan nilai 1

Observasi

Observasi adalah pengumpulan data dengan cara mengadakan pengamatan secara langsung kepada obyek penelitian. Dalam hal ini contoh kasus yang akan diamati adalah kasus berikut ini :

Contoh Kasus:

Bambang, seorang mahasiswa berusia 22 tahun, merasa sangat kehilangan. Ia baru saja ditinggal oleh kekasihnya. Sang kekasih telah menikah dengan orang lain. Bambang mencoba untuk menerima kenyataan pahit yang tidak dibayangkannya itu. Ia sadar betul bahwa ia sangat mencintai kekasihnya itu. Kemana pun pergi sang kekasih selalu membayang-bayanginya. Ia membeninya tapi juga mencintainya. Karena pikirannya terlalu didominasi oleh bayangan buruk itu, semester lalu prestasinya turun secxara signifikan. Ia ingin memiliki wanita itu, tetapi nasi telah jadi bubur. Apa yang dapat dilakukan Bambang? Bagaimana ia dapat menjadi pribadi yang lebih baik?

Dokumentasi

Metode ini digunakan untuk mencari teori-teori yang relevan dengan penelitian yang dilakukan, yang bersumber dari literatur, jurnal, dan sumber-sumber lain yang relevan.

Wawancara

Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab secara langsung dengan responden.

5.   Teknik Analisa Data

Analisa Kuantitatif

Yaitu penyajian data yang bersifat monografi atau bersifat khusus. Nilai-nilai dari suatu variabel kualitatif tidak dapat diutarakan dalam bentuk angka-angka melainkan dalam bentuk kategori-kategori.

Najati, M. Utsman. 1985. Al-Qur’an dan Ilmu Jiwa. Bandung : Pustaka.

Carnegie, Dale. 1980, Menuju Hidup Sukses dan Bergairah. Jakarta : Penerbit Gunung Jati.

Adi, Arif Wibisono. 1988, Shalat dan Kecemasan. Jakarta : Penerbit Studia.

Karim, Abdul. 1999. Hubungan Antara Pelaksanaan Shlat Lima Waktu dengan Stress pada Karyawan. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UII.

Hady, Effa Naila, 1982. Penghayatan dan Ketenangan dalam Berdzikir. Skripsi. Jakarta : Universitas Indonesia.

Kurniawan, Irwan Nuryana. 1998. Kecenderungan Berperilaku di Lingkungan Ditinjau dari Orientasi Religius dan Jenis Kelamin, Jurnal Psikologika, No. 6, 1998.

Sutrisno Hadi, 1989.Metodologi Penelitian, Jilid 2, Yogyakarta : BPFE UGM, hal. 12.

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Keterangan: Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau Telp.0274-7400200. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Judul terkait:

Keyword:

psikoterapi islam (104), psikoterapi (40), PSIKOTERAPI ISLAMI (31), psikoterapi dalam islam (14), jurnal kecemasan (12), tasawuf psikoterapi (10), latar belakang psikoterapi islam (1)

Layanan Pencarian Data dan Penyedia Referensi Skripsi Tesis   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200