Did You Know? A woodpecker can peck twenty times a second.
RSS Feeds:
Posts
Comments

TANYA JAWAB

Bagaimana pengertian birokrasi?

Sekumpulan tugas dan jabatan yang terorganisasi secara formal, yang saling berhubungan dalam jenjang kompleks, di bawah pembuat tugas atau peran formal (role-makers).

Birokrasi merupakan keseluruhan aparat pemerintah yang beraktivitas menerapkan kebijakan-kebijakan pemerintah kepada warga negara dalam penyediaan layanan publik sesuai dengan tugas dan fungsi serta levelnya masing-masing.

Bagaimana model birokrasi ideal menurut Weber?

Adanya pemisahan administrasi dari proses politik, sehingga birokrat diharapkan bisa bersikap netral dalam hal politik.

Model birokrasi Weber ini memuat asumsi bahwa birokrasi menjalankan fungsi “administratif’, yaitu menerapkan kebijakan publik yang dibuat melalui proses “politik” yang dilakukan oleh pejabat politik, bukan birokrat karir.

Bagaimana pengelompokan birokrasi didasarkan pada tugas dan fungsinya?

1. Birokrasi Pemerintahan Umum, yaitu rangkaian organisasi pemerintahan yang menjalankan tugas-tugas pemerintahan umum, termasuk memelihara keamanan dan ketertiban dari tingkat pusat sampai ke daerah. Fungsi utama ini bersifat mengatur atau regulative function.

2. Birokrasi Pembangunan, yaitu organisasi pemerintahan yang menjalankan salah satu bidang sektor yang khusus guna mencapai tujuan pembangunan. Fungsi utamanya adalah development function atau adaptive function.

3. Birokrasi Pelayanan, yaitu unit organisasi pemerintahan yang pada hakikatnya merupakan bagian yang berhubungan dengan masyarakat. Fungsi utamanya adalah pelayanan langsung kepada masyarakat.

Ketiga fungsi utama birokrasi tersebut, mengandung makna bahwa birokrasi pemerintah memiliki fungsi untuk: 1) pengaturan; 2) administrasi; dan 3) pelayanan langsung kepada masyarakat.


    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Keterangan: Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau Telp.0274-7400200. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Judul terkait:

Keyword:

contoh pertanyaan pendadaran analisis faktor (1), pengaruh pemilu kada terhadap birokrasi (1)

Layanan Referensi & Konsultan Skripsi Tesis & Disertasi   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200