Did You Know? A donkey will sink in quicksand but a mule won't.

DALAM NOVEL CANTING

(Sebuah Kajian Sosiologi Sastra)

 

Oleh Astri Winarni

NIM 992114032

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi budaya Jawa yang terjadi dalam novel Canting, mendeskripsikan faktor penyebab timbulnya budaya dalam novel Canting, dan mendeskripsikan penyelesaian terhadap timbulnya transformasi budaya dalam novel Canting.

Keterangan: Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap judul diatas dalam format Msword hubungi ke nomor:

HP. 0819 0405 1059/ 0812 2701 6999/ 0888 9119 100 atau Telp.0274-9553376. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme. Jika belum jelas, jangan ragu telepon kami :)

Subjek penelitian ini adalah novel Canting karya Arswendo Atmowiloto. Penelitian ini difokuskan pada masalah transformasi budaya yang ada dalam novel canting, faktor-faktor yang menyebabkan terjadiny`a transformasi budaya dalam novel canting dan penyelesaian timbulnya transformasi budaya dalam novel canting.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pencatatan dan interprestasi dengan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan bantuan kartu data. Analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data dipertanggungjawabkan dengan validitas semantis referensial dan kesahihan/realibilitas data adalah interiter.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat macam transformasi yang diceritakan dalam novel Canting, yaitu transformasi teknologi, transformasi agama, transformasi cara berpikir dan transformasi pergaulan hidup. Transformasi teknologi berkaitan dengan munculnya teknologi pembuatan batik dengan menggunakan mesin yang dikenal dengan nama teknologi printing. Dalam transformasi agama, diceritakan tentang  perpindahan agama yang terjadi pada anak Pa Bei yang bernama Ismaya. Dalam transformasi cara berpikir diuraikan tentang dorongan Pak Bei kepada anak-anaknya untuk berani berpikir dan bertindak. Dalam transformasi pergaulan hidup diceritakan tentang perubahan-perubahan pergaulan yang dialami para tokoh dalam novel Canting, antara lain Pak Bei, Bu Bei dan Ni. Dalam menghadapi semua transformasi budaya yang terjadi tersebut, penyelesaiannya adalah dengan melebur diri pada transformasi yang terjadi.

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Judul terkait:

    Keyword:

    Sosiologi sastra (79), KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA (35), novel jawa (27), novel canting (25), transformasi budaya (20), analisis novel canting (16), novel budaya (13), analisis sosiologi sastra (13), penelitian sosiologi sastra (12), penelitian novel (11)

    Layanan Referensi & Konsultan Skripsi Tesis & Disertasi   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 9553376